Jumat, 04 Mei 2018

Seperti Ini Cara Seduh Kopi Terbaik

Cara Seduh Kopi Terbaik

Punya kedai kopi tapi belum bisa menghadirkan rasa kopi yang baik dan enak, sebaiknya anda pelajari cara seduh kopi terbaik. Cara ini biasa digunakan para pengetes kopi internasional, pakar kopi dan ahli ngopi di berbagai kondisi. 

Sangat banyak kopi disuguhkan oleh penduduk dunia akan tetapi sedikit bagaimana menciptakan karakter rasa kopi yang melekat pada air seduhan. Jangankan citarasa memikat, hasilnya tanpa rasa ataupun pekat gosong terasa getir di lidah dan tenggorokan.

Mengunakan alat-alat kopi memang bagus, namun bukan tujuan untuk keren. Fungsi alat kopi bisa menghasilkan karakter kopi secara konsisten serta tanpa ampas kopi. Namun tips kali ini tidak berbicara tentang alat-alat kopi yang begitu banyak modelnya. Sebelum punya alat kopi di dapur cafe anda maka perhatikan dulu hal berikut : 

Bahan Utama

1. Air 

- Airnya bersih dari segala bau dan kotoran. Cobalah untuk sedikit test rasa air kopi dengan menghirup aromanya atau mengecap rasanya apakah ada bau dan rasa asing.
- Dapatkan air mineral dengan PH netral, jangan sekali-kali menggunakan air ber PH tinggi. Di pasaran banyak mudah didapat air mineral bermerek.

2. Kopi

- Belilah kopi kualitas specialty atau fine robusta. Aroma dan citarasa biasanya hadir pada kopi jenis ini. Kopi berkualitas specialty berasal dari pemetikan buah kopi merah berkualitas di kebunnya. 
Pilihan Arabika jika ingin menghadirkan rasa asam buah, pilihan robusta jika ingin kopi yang tebal seduhan dan beraroma

Kopi jenis specialty biasanya didapatkan dari kebun terbaik dan penanganan panen kopi yang baik. Karakter kopi specialty aromanya segar dan seduhan berkrema.


Miliki Alat Seduh Kopi Manual 

Cafe kamu jika masih minim biaya bisa kok menggunakan alat kopi manual 

1. Alat kopi khusus
Alat seduh kopi khusus yang paling mudah digunakan adalah french press. Alat ini hanya disiram air panas seperti model kopi tubruk kemudian menyaring bubuk kopi dengan plungger. Alat seduh kopi lainnya yang mesti dimiliki dan mudah adalah Mokapot dan vietnam drip. 

2. Alat seduh kopi sederhana
Alat ini yang biasa umumnya ada di rumah yaitu panci, teko dan pemanas. Jika ada termometer tentu lebih bagus untuk mengukur suhu air seduh kopi. 


Metode Kopi Tubruk

Cara seduh kopi ini paling mudah yaitu hanya dengan menyiramkan air panas ke atas kopi namun ada caranya agar hasilnya bagus. Jangan langsung mencampurkan kopi dan gula agar kopi bisa terekstraksi secara sempurna.
Takaran Kopi 1:15.  Artinya 1 gram bubuk kopi dengan 15ml air, jika anda pakai 10gram bubuk kopi, gunakan 150ml air panas.
- Masukkan bubuk kopi ke dalam gelas
- Panaskan air hingga mendidih
- Diamkan air yang telah mendidih selama 1 menit atau diukur dengan suhu 95derajat celcius.
- Siramkan air panas ke kopi dengan arah memutar tanpa diaduk. 
- Biarkan selama 3 menit hingga bubuk kopi turun. 
- Masukkan pemanis sesuai selera. Jika anda minum kopi tanpa gula di atas sudah cukup bisa dinikmati. 

Menggunakan Alat Kopi Khusus 

Alat kopi memfungsikan minum kopi tanpa ampas dan mengekstraksi kopi secara konsisten. Karena dengan alat kopi, kapan lama ekstraksi bisa terarah, hasil seduh bisa berbeda-beda sesuai cara yang dipakai. 
Alat kopi yang sederhana bisa memakai :

French Press

Alat ini yaitu alat yang banyak diaplikasikan untuk seduh kopi di perumahan. Bentuknya yang sederhana, dan pengaplikasiannya yang gampang sudah pasti mewujudkan french press sebagai alat pembuat kopi unggulan. Apalagi, dengan harga yang terjangkau, sudah barang tentu tak akan menjadikan dompetmu habis. Kamu hanya cukup merogoh kocek sekitar 100ribu – 200 ribu rupiah agar mendapatkan alat ini.

Vietnam Drip

Dikenal dengan nama Vietnam drip, sebab halnya alat ini berasal dari negara sebrang, yaitu Vietnam. Alat satu ini, di negeri asalnya paling-paling cuma dijual sekitar 30 ribu rupiah. Melainkan di Indonesia, harganya dapat menempuh dua kali besarnya.

Mokapot

Kamu bisa menggunakan mokapot di kedai kopi kamu untuk membuat 6 cup kopi per 40ml. Keuntungan mokapot adalah desainnya yang simple, tidak membutuhkan timbangan hanya mengikuti besarnya batch penampung kopi, dan menghasilkan kopi yang pekat layaknya espresso.

Metode Kopi Rebus atau Turkish Coffee

Selain menggunakan mokapot kamu bisa menggunakan cara rebus kopi. Untuk cara ini tentukan berapa banyak liter kopi yang kamu butuhkan. Hitung perbandingan kopi dan air adalah 1:12. Jika ingin 1000ml air : 12 = 83.3gram kopi bubuk.

Cara seduh kopi ini sangat simple dan karakter rasa kopi karamel yang menonjol. Seduhan kopi tebal berkrema walaupun tidak menonjolkan kesegaran namun cukup membuat semangat juang berpetualang semakin menjadi. 


Bahan :
Untuk 1 liter air kopi 
- 83,3g Kopi bubuk halus tepung
- 60g Gula putih
- 1liter air 

Cara Membuat Kopi Rebus : 
1. Campurkan Kopi dan gula masukkan kedalam panci
2. Masukkan air suhu ruangan ke panci dan aduk rata
3. Panaskan di atas kompor tunggu hingga berbuih
4. Angkat kopi sebelum buih kopi keluar
5. Hidangkan

Begitulah beberapa cara seduh kopi terbaik dan mudah dipraktekkan. Dengan cara yang tepat ketika menyeduh kopi bisa menghasilkan ekstraksi kopi yang sempurna. 
Load disqus comments

0 komentar