Rabu, 18 April 2018

8 Tips Membuat Kue Agar Tidak Bantat

membuat kue agar tidak bantat


Seringkali terjadi saat membuat kue sudah mengikuti resep yang benar namun masih terjadi bantat. Tentunya hal ini dibutuhkan tehnik yang benar agar menghasilkan kue yang mengembang dan gak bantat. Sangat disayangkan bukan bahan-bahan yang sudah dibeli mahal justru gagal saat dibuat?. 

Untuk menghindari hal demikian ada tips rahasia dari pembuat roti berpengalaman saat membuat kue dan roti. 

1. Pakai Bahan Yang bersuhu Ruang

Apabila anda ingin membuat bolu, yakinkan telur yang dipakai bersuhu ruang. Telur bisa menjadi pengembang yang bagus apabila ia bersuhu ruang ketika dikocok. Jika keadaan dingin, maka telur menjadi sulit mengembang. 

2. Panaskan Mentega dengan Api Kecil

Panaskan mentega/margarin dengan api kecil dan jangan menunggu sampai margarin meleleh semuanya. Jika telah hampir cair dan masih terdapat sebagian mentega yang belum mencair, segera matikan api. Kemudian pindahkan ke wadah yang sedikut lebar, namun jangan piring, disebabkan piring bisa membuat suhu mentega dingin dan menjadikan bolu bantat.

3. Turunkan Suhu Margarin Yang Telah Dilelehkan

Setelah margarin dilelehkan Sebaiknya, jangan menuang margarin tersebut langsung ke adonan ketika panas. Tahanlah sebentar sampai suhu sudah agak mendingin.

4. Gunakan Wadah Yang Bersih Dan Kering

Sebelum memasak kue, pastikan wadah dan alat yang dipakai benar-benar kering, tidak ada air, minyak atau mentega. Alat dan wadah yang basah bisa membuat adonan jadi bantat. Dengan demikian alat atau wadah juga harus memiliki suhu ruangan.

5. Campur Bahan Dengan Perlahan

Ketika mencampur bahan-bahan juga butuh tehnik yang tepat. Campurkan bahan-bahan secara perlahan. Apabila menggunakan tepung baiknya diayak terlebih dahulu. Begitu telah menuang, pakailah spatula untuk mengaduk adonan. Agar dapat meminimalisir adukan, tuangkan bahan kering terlebih dahulu, kemudian tuang ke bahan basah. Hal tersebut juga Anda gunakan pada bahan basah.

6. Mengocok Adonan Jangan Terlalu Lama

Tips membuat kue bolu supaya tidak bantat ialah dengan jangan dikocok terlalu lama. Ketika mengocok telur dan gula, aplikasikan kecepatan rendah dengan mixer. Kemudian naikkan kecepatan perlahan supaya mengembang. Lama mengocok juga harus disesuaikan. Apabila mengocok terlalu cepat dan keras, maka adonan bisa tidak stabil dan akan cepat turun ketika dipanggang. namun apabila terlalu lama, adonan akan sangat banyak udara yang bisa menyebabkan bantat.


7. Atur Temperatur Oven

Ketika akan memasukkan adonan ke dalam oven, panaskanlah oven terlebih dahulu. Tujuannya agar adonan langsung mengembang sesaat dipanaskan. Tidak juga jangan terlalu panas karena adonan bisa cepat gosong. Selain itu, jangan pernah membuka tutup oven karena nantinya kuenya akan turun tidak mengembang.

8. Tambahkan Bahan Pengembang

Pada umumnya, di setiap resep kue ada rising agent yang dapat membuat kue mengembang dan empuk. Rising agent atau bahan pengembang tersebut diantaranya baking powder, soda kue dan cake emulsifier.

Mulai sekarang jangan hanya terpaku pada resep saja ya, namun lakukanlah tips di atas jika anda akan membuat kue dengan hasil yang memuaskan. Selaman mencoba dapur cafe,, 

Artikel Terkait Lainnya :

Cara Rahasia Cireng Empuk Renyah Rasa Udang.

Resep Smoothie Pisang Yogurt Banana Enak Dan Bermanfaat

Cara Buat Minuman Kopi Latte Coffee

Buat Minuman Red Soda Flavoured Yang Menyegarkan

Resep Jus Mangga Susu Enak dan Mudah di Rumah


Load disqus comments

0 komentar